
Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Sekretaris), Keterampilan / keberhasilan yang akan didapatkan :
- Mampu melakukan pekerjaan pengetikan dengan mesin tik maupun dengan komputer untuk beberapa macam/bentuk surat, tabel dan lain-lain dengan program Word, Excel, Power Point yang berkecepatan 300 Epm dan ketelitian 96% serta rapi dan tepat
- Mengoperasikan komputer untuk mencari informasi lewat internet
- Terampil menghasilkan surat niaga dan dinas dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
- Menerapkan prinsip dan teknik pengelolaan warkat/arsip sesuai dengan sistem yang ditentukan
- Menerapkan dasar-dasar kesekretarisan antara lain :
- Pengetahuan tentang ruang lingkup kesekretarisan
- Pengetahuan dan melaksanakan praktik berkomunikasi melalui telepon dan terampil dalam menggunakan peralatan kantor (mesin fotocopy, faximile, slide, OHP)
- Mampu berpikir, mengidentifikasikan masalah dan mencari solusinya
- Mampu bekerjasama dalam kelompok
- Mempunyai komitmen pada tugas, bertanggungjawab, percaya diri, beretika yang baik dan selalu semangat untuk mengembangkan diri
- Terampil dalam mengatur/menangani jadwal kegiatan pimpinan,perjalanan bisnis pimpinan dan mengatur rapat dan pertemuan
- Mampu melakukan pencatatan transaksi keuangan (mengelola kas kecil)
- Memiliki berbagai pengetahuan yang menunjang pekerjaannya